Lambang dan Logo

Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makna dari lambang:

  1.  Lambang AKMR berbentuk bulat yang berbingkai dua lingkaran hitam, menunjukkan bahwa AKMR berwawasan kesejagatan, tapi berpaksi pada tempat di mana AKMR berada yakni dalam lingkup kebudayaan Melayu.
  2. Warna dasar lambang AKMR adalah biru yang menunjukkan kesuburan bumi sekaligus menjadi tempat yang baik bagi pertumbuhan daya cipta.
  3. Terdapat bentuk atap bangunan tradisional Melayu yang menunjukkan bahwa AKMR membina dan mengembangkan kebudayaan Melayu.
  4. Tumbuh di alam Melayu mewujudkan pemuliaan terhadap manusia dalam membina akal budi.
  5. Di atas jalinan pandan yang melahirkan bentuk rehal, terdapat buku yang terbentang, menunjukkan bahwa AKMR sebagai  suatu lembaga pendidikan ilmiah harus senantiasa membuka diri untuk menampung perkembangan ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi.
  6. Di bawah jalinan pandan, terdapat seutas pita yang bertuliskan “Akademi Kesenian Melayu Riau”, menunjukkan bahwa AKMR memiliki jati diri dan menampilkannya ke tengah khalayak ramai.
  7. Perpaduan warna yang terdapat pada lambang menunjukkan keharmonisan cipta yang diperoleh dari upaya mengelola keragaman